Mengintip Harta Kekayaan Prajogo Pangestu, Orang Terkaya ke-3 di RI
Prajogo Pangestu. (Istimewa)

Bagikan:

NUSA TENGGARA TIMUR – Pengusaha Indonesia Prajogo Pangestu kini menduduki ranking ke-3 daftar orang terkaya di Indonesia setelah duo hartono, yakni Robert Hartono dan Bambang Hartono.

Tak hanya itu, pengusaha asal Kalimantan itu juga menempati posisi ke-349 orang paling tajir di dunia. Lantas, berapa harta kekayaannya?

Menurut data Bloomberg Billionaires Index yang dikutip pada Selasa, 9 Februari 2021, pengusaha senior Prajogo Pangestu diketahui memiliki kekayaan bersih sebesar 7,53 miliar dolar AS atau setara dengan Rp105,33 triliun (kurs Rp13.988 per dolar AS).

Dalam ulasan singkatnya, Bloomberg menyebut bahwa Prajogo adalah pendiri PT Barito Pacific Tbk, sebuah perusahaan petrokimia terbesar di Indonesia. Korporasi ini yang berbasis di Jakarta dan memiliki pembangkit listrik dan aset penghasil plastik

Pada 2019, grup usaha Barito melaporkan pendapatan mereka menyentuh angka 2,4 miliar dolar AS. Adapun, divisi usaha Barito terdiri beberapa sub unit dengan anak usaha utama yakni Chandra Asri Petrochemical.

Bisnis Prajogo sudah cukup menggurita di negeri ini selama puluhan tahun dan mengeruk banyak untung. Untuk membayangkan seberapa banyak harta taipan yang pernah melakoni profesi sebagai sopir angkot itu, berikut adalah analogi pembanding sederhana.

Bisa Bayari BBM seluruh penduduk Indonesia selama 3 bulan

Harga minyak dunia saat berita ini dibuat adalah 60 dolar AS per barel. Jika Prajogo memiliki net worth sebesar 7,53 miliar dolar AS, maka minyak yang bisa dibeli mencapai 125 juta barel minyak atau setara dengan 19,75 juta kilo liter BBM.

Apabila konsumsi BBM nasional 75 juta kilo liter pertahun, maka uang Prajogo bisa beli BBM untuk seluruh orang Indonesia selama selama kurang lebih 3 bulan.

Bisa Borong 105 ton emas Antam

Dengan estimasi harga emas pergram sebesar Rp1 juta, Prajogo bisa membeli emas Antam sebanyak 105 ribu kilo emas murni, atau 105 ton kilo emas.

Bisa Beli mobil Tesla paling mahal sebanyak 23 ribu unit

Harga mobil Tesla termahal tipe P100D seharga Rp4,4 miliar. Prajogo dengan duit Rp105 triliun bisa beli mobil tersebut lebih dari 23 ribu unit tersebut secara cash.

Baca terus VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan.