Catat! Ini 4 Sayuran Penurun Darah Tinggi di Sekitar Kita
Sayuran penurun darah tinggi/ilustrasi. (Freepik).

Bagikan:

NUSA TENGGARA TIMUR - Menjaga tekanan darah tetap normal sangat penting bagi seseorang yang memiliki penyakit hipertensi. Mengingat hipertensi alias tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Nah, bagi Anda yang memiliki hipertensi, ada beberapa sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah. Apa saja? Berikut informasi lengkapnya.

4 Sayuran Penurun Darah Tinggi

Mengutip Heathline, berikut empat sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

1.      Wortel

Wortel merupakan sayurang yang akrab dijumpai di masakan rumahan. Wortel mengandung sejumlah senyawa seperti klorogenat, asam p-kumarat, dan asam kafeat, yang dapat membuat seseorang lebih rileks, serta mengurangi tekanan darah.

Oleh sebab itu, wortel sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki penyakit hipertensi. Menurut sebuah studi, konsumsi wortel mentah lebih efektif turunkan tekanan darah ketimbang yang sudah dimasak.

2.      Seledri

Sayuran penurun darah tinggi kedua yang juga populer di kalangan masyarakat adalah Seledri. Sayuran ini mengandung senyawa bernama phthalides yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks, sehingga tekanan darah pun ikut menurun.

Berbeda dengan wortel, seledri lebih efektif menurunkan tekanan darah jika dikonsumi dalam keadaan matang atau sudah dimasak.

3.      Tomat

Tomat merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi, termasuk potassium dan likopen. Likopen sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Mengonsumsi sayuran dengan kandungan likopen, seperti tomat, bisa mengurangi risiko penyakit jantung dengan mencegah faktor risiko seperti hipertensi.

4.      Brokoli

Sudah menjadi rahasia umum jika brokoli sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan hipertensi.

Dalam brokoli, terkandung antioksidan dalam jumlah yang besar. Antioksidan dapat melancarkan peredaran darah di tubuh dan meningkatkan oksida nitrat dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang mengonsumsi 4 atau lebih porsi brokoli setiap minggu, memiliki risiko lebih rendah terkena tekanan darah tinggi daripaada mereka yang mengonsumsi brokoli sebulan sekali atau kurang.

Baca terus VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan.