Bayi di Abu Dhabi Ini Tumbuh Sehat Setalah Lahir Prematur di Usia 28 Minggu, Berat 380 Gram dan Alami Komplikasi
Ilustrasi proses melahirkan. (Unsplash/Patricia Prudente)

Bagikan:

JAKARTA - Dokter di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) menyelamatkan nyawa bayi dengan berat hanya 380g saat lahir, berhasil merawatnya untuk beberapa kondisi yang mengancam jiwa.

Bayi yang dipanggil Mohamed dilahirkan prematur melalui operasi caesar darurat pada usia kandungan 28 minggu, setelah dokter menemukan dia dalam kesulitan selama tes.

Beratnya hanya sekaleng minuman soda dan harus diresusitasi, diberi ventilasi setelah lahir untuk membantunya bernapas, karena paru-parunya belum sepenuhnya berkembang.

Dia juga dirawat karena anemia, ketidakseimbangan elektrolit, pendarahan otak tingkat satu dan duktus paten, dan pembuluh darah ekstra di jantungnya, di antara komplikasi lain yang umum terjadi pada bayi prematur.

Tapi setelah menghabiskan 124 hari di Nicu di NMC Royal Women's Hospital, dia diizinkan pulang dengan kesehatan yang baik tanpa masalah medis yang berkepanjangan.

"Mohamed mengalami perjalanan yang luar biasa di ICU Neonatal," kata Dr Aditya Rakhecha, kepala departemen dan konsultan di neonatologi, mengutip The National News 14 Desember.

"Dia tinggal selama 124 hari di NICU dan bisa jadi bayi terkecil yang keluar dari rumah sakit swasta, dengan berat hanya 380g saat lahir. Bayi dengan berat kurang dari 500 gram jarang bertahan hidup, tetapi ia melawan berbagai komplikasi dan berkembang dengan baik di Nicu," paparnya.

Ibunya, Rawan Elbashir, 31, adalah seorang apoteker dan diawasi ketat karena dia menderita hipertensi pada kehamilan sebelumnya, yang mengakibatkan dia melahirkan putrinya lebih awal pada minggu ke-32.

bayi
Ilustrasi bayi. (Unsplash/Carlo Navarro)

Tanda-tanda pertama masalah dalam kehamilannya dengan Mohamed berkembang pada usia kehamilan 18 minggu, ketika dokter menjelaskan suplai darahnya ke bayi tidak normal. Dia melahirkannya 10 minggu kemudian.

"Semuanya dimulai ketika kehamilan saya kurang dari 20 minggu. Setelah diperiksa oleh ahli kedokteran janin di rumah sakit, saya diberitahu memiliki doppler uterus abnormal (pengukuran suplai darah ke rahim dan plasenta), yang dapat menyebabkan kondisi yang sama seperti hipertensi akibat kehamilan dan kelahiran prematur," kenang Elbashir.

Dia mengatakan kehamilannya dan beberapa bulan pertama kehidupannya sulit.

"Saya siap untuk Mohamed tinggal di NICU sepanjang tahun, tetapi terima kasih kepada tim yang luar biasa yang semuanya berakhir lebih cepat," sambung sang ibu yang berasal dari Sudan.

Abdelsalam Elamin, suaminya, yang juga orang Sudan dan bekerja sebagai PRO, mengatakan dia menunggu dengan sabar untuk menggendong Mohamed dan membawanya pulang.

"Itu adalah perasaan yang tak terlukiskan, luar biasa. Sungguh menakjubkan dan memuaskan melihatnya tumbuh saat dia berada di NICU," jelas sang ayah.

Sementara itu, Dr Eman Sadek, spesialis kebidanan dan ginekologi di NMC Royal Women's Hospital, mengatakan sebagian besar bayi yang lahir sedini itu dan seberat Mohamed tidak dapat bertahan hidup.

"Saat lahir, dia hanya memiliki detak jantung yang lemah tanpa gerakan atau pernapasan spontan dan membutuhkan resusitasi segera," terang Dr. Aditya.

"Setelah diberi ventilasi buatan, dia menjadi aktif, dengan detak jantung dan warna kulit yang baik," ungkapnya.

Seorang juru bicara rumah sakit mengatakan merawat sekitar 200 bayi dengan berat badan rendah setiap tahun. Ini telah mengeluarkan lebih dari 50 bayi yang lahir dengan berat lahir sangat rendah selama enam tahun terakhir.

"Saya senang untuk Mohamed kecil dan keluarganya," ucap Michael Davis, kepala eksekutif NMC Healthcare.

"Pejuang muda ini menerjang segala rintangan karena pasukan dokter, perawat, teknisi dan staf medis lainnya, tetap fokus pada misi mereka untuk menyelamatkan nyawanya yang berharga," tukas Davis.

Dia mengatakan Mohamed dirawat oleh beberapa spesialis, termasuk ahli jantung dan dokter mata. Dia juga menjalani operasi untuk mengobati hernia.

Untuk diketahui, berat badan lahir rendah digolongkan sebagai 2.5kg, atau 2.500g. Bayi dengan berat badan kurang dari 1.000 gram dianggap berat lahir sangat rendah. Dan mereka yang lahir dengan berat kurang dari 500 gram memiliki masalah kesehatan paling banyak dan kemungkinannya kecil untuk bertahan hidup, menurut Stanford Children's Health.