Dampingi Jokowi Tinjau Tanah Abang, Heru Budi Minta Pedagang Manfaatkan Teknologi
Presiden Jokowi bersama Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono/DOK FOTO: Humas Pemprov DKI

Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dalam peninjauannya, Heru meminta para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengikuti arus perkembangan teknologi digital yang juga semakin berkembang. Heru menyarankan pedagang Tanah Abang memanfaatkan teknologi berbasis digital dalam berusaha, di samping berniaga secara konvensional.

"Pada tahun baru ini ini, mari kita awali dengan semangat baru, inovasi baru, serta strategi baru untuk bersama-sama memajukan roda perekonomian di Jakarta. Baik secara konvensional maupun digital, semuanya harus dioptimalkan (dalam berniaga). Untuk itu saya harap para pelaku usaha bisa terbuka dengan perkembangan teknologi," kata Heru, Senin, 2 Januari.

Heru pun memastikan bahwa jajarannya akan menjaga kegiatan perekonomian di Jakarta berjalan dengan baik, terutama saat mengawali Tahun 2023. Ia optimis kegiatan ekonomi di berbagai pasar bisa tumbuh dan taraf kehidupan warga Jakarta lebih sejahtera.

"Dalam mengawali 2023, kita ingin segala kegiatan masyarakat berjalan dengan semestinya, terutama di bidang perekonomian. Kami tadi bersama Presiden melihat berbagai kegiatan perekonomian dan memastikan semuanya berjalan lancar, sehingga roda perekonomian berjalan dengan baik," paparnya.

Saat peninjauan itu, Presiden Jokowi mengaku ingin melihat langsung pasar agar ada optimisme yang muncul kembali untuk tahun 2023, setelah Indonesia mampu melewati ancaman perekonomian tahun 2022.

Mengingat, Jokowi baru saja secara resmi menyudahi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Jumat, 30 Desember 2022 lalu

"Karena 2022 tahun yang tidak mudah, tahun sebelumnya juga jauh dari kemudahan. Sehingga kita harapkan di tahun 2023 ini ada optimisme karena PPKM sudah dicabut," ungkap Jokowi.

Jokowi menekankan harapan optimisme karena pencabutan PPKM juga bisa dirasakan di pasar-pasar besar sejumlah kota lain seperti Pasar 16 Ilir di Palembang, Pasar Terong di Makassar, Pasar Beringharjo di Yogyakarta, Pasar Turi di Surabaya, Pasar Johar di Semarang, serta Pasar Baru, dan Pasar Gedebage di Bandung.

"Tadi saya sudah bertanya ke beberapa pedagang juga menyampaikan tahun 2022 kemarin omzetnya jauh lebih baik dibandingkan tahun 2021. Kita harapkan tahun 2023 juga jauh lebih baik dari tahun 2022," ujar Jokowi.

Presiden juga mengapresiasi keterangan setiap pedagang yang ditemuinya di Pasar Tanah Abang mengaku sudah masuk ke platform lokapasar digital.

"Itu bagus dua-duanya dijalankan. Saya kira ini sebuah lompatan masuk ke digital sector, digital market, dan kita harapkan semakin mempermudah bertemunya para produsen dengan konsumen, penjual dengan pembeli," imbuhnya.