Ambisius, Pertamina Akan Bangun Pabrik Baterai untuk Pasok Produsen Kendaraan Listrik Dunia
Ilustrasi. (Freepik)

Bagikan:

NUSA TENGGARA TIMUR – PT Pertamina (Persero) antusias menyambut perkembangan industri kendaraan listrik di dunia.

Terkait hal ini, perusahaan minyak dan gas milik BUMN tersebut akan membangun pabrik baterai agar menjadi pemasok global baterai kendaraan listrik.

CEO Subholding Power and New and Renewable Energy Pertamina Heru Setiawan mengatakan dalam proyek baterai untuk kendaraan listrik tersebut pihaknya akan terlibat sejak proses pembuatan prekursor, katoda, sel baterai, hingga battery pack.

"Kami akan memproduksi 140 GW (gigawatt) per hour, kami harapkan menjadi global supply chain. Karena memang potensi pasokannya sebesar 15 juta ton per tahun," tuturnya, saat Webinar bertajuk 'EV Battery: Masa Depan Ekonomi Indonesia' di Jakarta, Selasa, 2 Februari.

Sasar Pasar Amerika dan Eropa

Heru berujar hasil produksi tersebut nantinya akan digunakan untuk menyuplai produsen-produsen mobil listrik di seluruh dunia baik itu Amerika, Eropa dan Asia Pasifik.

Mengenai investasi, Heru menjelaskan, Pertamina telah menyiapkan pendanaan, namun dirinya enggan membeberkan. Pertamina juga akan menggandeng mitra strategis dalam proyek baterai untuk kendaraan listrik tersebut.

BACA JUGA:


"Kami akan berpartisipasi dengan tekonologi provider yang sudah mengusai teknologi sekaligus market-nya, teknologi transfer kerja sama ini sehingga mengembangkan kapabilitas internal," ucapnya.

Pertamina, kata Heru, memiliki kompetensi yang cocok untuk terlibat sejak proses dari hulu, intermediate, hingga hilir. Pasalnya, pihaknya memiliki bekal terkait dengan pertambangan, dan kimia.

Heru menjelaskan, sejak awal Pertamina juga sudah mempersiapkan transisi energi dengan menjaga seluruh aset yang ada untuk bisa tetap relevan dengan tren pada masa depan.

"Sehingga kita bisa menjaga agar apapun investasi yang kemarin maupun yang hari ini akan relevan ke depannya," tuturnya.

Selain informasi soal pertamina ingin jadi supplier baterai kendaran listrik, ikuti berita dalam dan luar negeri hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan