8 Buah Penurun Kolesterol yang Perlu Dikonsumsi Rutin, Cegah Potensi Penyakit Serius
Ilustrasi buah sitrus (Freepik/Azerbaijan_stocks)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, setiap orang perlu selalu memperhatikan kadar kolesterol di dalam tubuh. Jika ternyata memiliki kolesterol tinggi, Anda perlu mengonsumsi buah penurun kolesterol. 

Sebenarnya kandungan kolesterol dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun apabila kadar kolesterol dalam tubuh terlalu banyak, maka akan membentuk plak pada pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah. Kolesterol tinggi bisa memicu penyakit serius, seperti penyakit jantung dan stroke. 

Tingginya kadar kolesterol sangat dipengaruhi oleh gaya hidup, khususnya apa yang Anda konsumsi. Untuk menjaga kadar kolesterol tetap aman, setiap orang perlu memperhatikan asupan makanannya. Ada beberapa buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi. 

Rekomendasi Buah Penurun Kolesterol

Para ahli kesehatan selalu mengajurkan mengonsumsi buah-buahan demi menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa buah yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. 

Pisang

Penderita kolesterol dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang secara rutin. Buah yang dagingnya bertekstur lunak ini memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, mulai dari serat, vitamin, dan mineral. Kandungan potasium dan serat yang tinggi dalam buah pisang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. 

Apel

Buah lainnya yang direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita kolesterol adalah apel. Buah apel memiliki kandungan pektin yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Pektin akan bekerja mengikat asam empedu dan mengurangi reabsorpsinya di usus halus, sehingga kadar kolesterol yang tinggi dapat dikurangi. 

Alpukat

Buah selanjutnya yang dapat menurunkan kadar kolesterol adalah alpukat. Buah alpukat mengandung asam oleat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, buah ini juga memiliki sumber nutrisi dan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat baik bagi jantung. 

Beri

Beri juga menjadi buah yang disarankan bagi penderita kolesterol. Berbagai kandungan nutrisi dalam buah beri dalam membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang berperan mengurangi risiko penyakit jantung dan gangguan kronis lainnya. 

Sitrus

Buah sitrus juga cocok dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Buah ini memiliki kandungan zat pektin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, sitrus juga mengadung vitamin C yang berperan mengurangi risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

Pir

Pir termasuk buah yang tak boleh ketinggalan dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Sama seperti buah sitrus, pir juga mengandung zat pektin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, satu buah pir juga mampu mencukupi 16 persen kebutuhan serat harian dalam tubuh. 

Jambu Biji

Jambu biji turut menjadi buah yang direkomendasi bagi penderita kolesterol. Buah jambu biji memiliki kandungan kalium dan serat larut air yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, zat tersebut juga dapat menaikkan kadar kolesterol baik yang berperan mencegah risiko penyakit jantung. 

Pepaya

Rekomendasi buah lainnya bagi penderita kolesterol adalah pepaya. Buah pepaya mengandung antioksidan yang bekerja dengan enzim paraxonase, yang akan menghambat terjadinya pengendapan kolesterol dalam darah. Selain itu, dalam buah pepaya juga tersimpan banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh, mulai dari antioksidan, vitamin C, vitamin A, hingga likopen. 

Demikianlah rekomendasi buah penurun kolesterol yang perlu Anda konsumsi secara rutin. Sejumah buah di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasar tradisional maupun di supermarket. Pastikan untuk membeli buah yang kondisinya bersih dan masih segar. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

Terkait