8 Faktor yang Menyebabkan Hasrat Seksual Menurun
Ilustrasi faktor yang menyebabkan hasrat seksual menurun (Freepik/gpointstudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setiap orang memiliki gairah seks yang berbeda-beda. Kadang cukup bergairan untuk melakukan hubungan intim bersama pasangannya. Tetapi tak jarang gairah menurun karena beberapa faktor yang menyebabkannya. Gairah seks yang tinggi, dipakai untuk menandai peningkatan hasrat berhubungan seks.

Dorongan seks, atau libido, mengacu pada keinginan seseorang untuk melakukan aktivitas seksual. Libido rendah mengacu pada menurunnya hasrat berhubungan seksual, sedangkan libido tinggi mengacu pada peningkatan hasrat untuk hubungan seks. Beberapa hal yang mendukung peningkatan hasrat seksual, antara lain olahraga atau aktivitas fisik, perubahan neurotransmitter yang memicu pelepasan dopamine, dan kadar testosteron. Faktor yang menyebabkan menurunnya hasrat seks, antara lain sebagai berikut.

faktor yang menyebabkan hasrat seksual menurun
Ilustrasi faktor yang menyebabkan hasrat seksual menurun (Freepik)

1. Menopause

Menurut penelitian dilansir Medical News Today, Senin, 13 November, libido wanita selama menopause menurun dan menyebabkan gairan seks menurun.

2. Kesehatan mental

Penelitian telah menemukan bahwa pria dan wanita dengan kondisi kesehatan mental, seperti kecemasan atau depresi, mungkin memiliki risiko lebih tinggi mengalami disfungsi seksual. Hal ini dapat menyebabkan penurunan gairah seks.

3. Usia

Dorongan seks dapat berfluktuasi seiring bertambahnya usia. Sebuah ulasan menyoroti bahwa begitu orang mencapai usia 60 tahun, terjadi penurunan libido.

faktor yang menyebabkan hasrat seksual menurun
Ilustrasi faktor yang menyebabkan hasrat seksual menurun (Freepik)

4. Kegemukan atau obesitas

Sejumlah penelitian menunjukkan ada kaitan antara obesitas dan disfungsi seksual. Salah satu faktor yang menyebabkan penurunan gairah seks, ialah kegemukan.

5. Kondisi kronis

Kondisi kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung, dapat menyebabkan disfungsi seksual yang dapat menurunkan gairah seks. Sebuah penelitian menyoroti bahwa efek biologis diabetes, seperti kerusakan saraf, dan efek psikologis, seperti citra diri negatif dan kelelahan, dapat menurunkan libido.

6. Kehamilan

Selama hamil, penelitian menunjukkan bahwa banyak wanita mengurangi aktivitas seksualnya. Selain itu, ibu hamil juga lebih menjaga kondisi kehamilannya dan serta kehamilan juga memengaruhi dorongan seks.

7. Kepuasan hubungan

Sebuah penelitian menemukan beberapa wanita hasratnya menurun karena kepuasan hubungan juga tidak terpenuhi. Ini berarti bahwa, kehidupan seksual berkaitan erat dengan bagaimana hubungan yang terjalin dengan pasangannya.

8. Pengobatan

Obat-obatan tertentu juga menjadi faktor menurunnya hasrat seksual. Beberapa diantaranya, pria yang menjalani kemoterapi menurun kadar testosteronnya sehingga menyebabkan penurunan gairah. Pada wanita, kontrasepsi hormonal juga memengaruhi hasrat seksual. Ditambah lagi, obat antidepresan juga dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menurunkan gairah seks.

Itulah delapan faktor yang menurunkan gairah seksual. Untuk mengatasinya, perlu dikenali penyebabnya dan didiagnosis oleh dokter ahli sehingga ditangani secara tepat.

Terkait