Apa Itu Earthing? Terapi Bersentuhan Langsung dengan Bumi dengan Segudang Manfaat
Apa itu earthing (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Berjalan tanpa alas kaki bisa menjadi terapi untuk kesehatan tubuh dan mental. Dalam beberapa waktu belakangan, banyak orang yang mempopulerkan terapi earthing atau grounding. Kita diajak untuk lebih ‘membumi’ atau kembali terhubung dengan alam sekitar. 

Lantas apa itu earthing? Earthing adalah metode terapi yang dilakukan dengan membuat fisik atau tubuh terhubung ke bumi. Terapi ini dilakukan dengan cara sederhana lewat sentuhan langsung ke bumi atau tanah. Misalnya berjalan kaki di rumputan, tanah, atau pasir. 

Earthing bisa dimaknai sebagai kontak langsung dari kulit dengan permukaan bumi. Tidak hanya melalui telanjang kaki, Anda juga bisa menyentuhkan tangan atau bagian tubuh lainnya untuk menjalani terapi ini. 

Mungkin Anda sudah lama sekali tidak membumi atau melakukan aktivitas yang bersentuhan langsung dengan bumi atau alam. Jika Anda merasa capek atau stres, terapi earthing perlu dicoba. Mari kenali lebih dalam apa itu earthing dan manfaat dari terapi ini. 

Apa Itu Earthing?

Seperti yang sudah disebut di awal, earthing atau grounding adalah teknik terapi untuk kembali terhubung ke bumi. Earthing adalah segala aktivitas yang dilakukan supaya seseorang bersentuhan atau kontak langsung dengan elemen bumi.

Earthing bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja asalkan memungkinkan fisik bersentuhan langsung dengan bumi. Aktivitas ini mendapatkan gelombang elektrik bumi yang memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sejumlah studi juga menyebutkan bahwa earthing berefek baik untuk meningkatkan mood dan meredakan sakit.

Terapi earthing sebenarnya bukanlah praktik yang baru. Metode ini sudah diterapkan dalam terapi pijat refleksi pengobatan tradisional Tiongkok yang terkadang mengajak pasien berjalan tanpa alas kaki. Langkah ini dilakukan untuk merangsang aliran energi (qi) ke seluruh tubuh. 

Manfaat Terapi Earthing

Penelitian mengenai terapi earthing atau grounding memang masih belum banyak dikembangkan. Namun meski demikian, diyakini bahwa hidup berdekatan dengan alam dapat memberikan sejumlah manfaat. 

Berikut ini beberapa manfaat dari terapi earthing untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental:

  • Memperbaiki mood dan mengurangi stres. 
  • Meningkatkan kualitas tidur 
  • Meredakan kelelahan kronis 
  • Mengurangi gejala peradangan
  • Membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Meningkatkan beberapa metrik kesehatan jantung
  • Memodulasi fungsi sistem saraf otonom

Cara Melakukan Terapi Earthing

Terapi earthing bisa dilakukan secara mudah dan di tempat manapun yang memungkinkan fisik bersentuhan dengan alam. Berikut ini beberapa teknik earthing yang bisa Anda coba:

Berjalan Kaki Tanpa Alas

Salah satu terapi earthing yang paling sederhana adalah berjalan tanpa alas kaki. Cobalah untuk melepas sandal atau sepatu, kemudian berjalan di atas tanah, rumput, atau pasir pantai. Biarkan kulit kaki Anda menyentuh tanah atau rumput untuk merasakan langsung energi positif dari alam. 

Membaringkan Badan di Atas Tanah

Teknik earthing lainnya yang juga mudah dilakukan adalah berbaring di atas tanah. Tidak perlu melepas pakaian, cukup baringkan tubuh Anda tanpa alas di atas tanah, pasir pantai, atau rerumputan. Rasakan kenyamanan dan kelegaan punggung Anda yang bersentuhan dengan alam langsung. 

Merendam Diri di Dalam Air

Terapi earthing tak hanya dapat diterapkan di daratan, namun juga bisa dijalani di dalam air. Caranya dengan berendam di kolam, sungai, atau danau. Anda juga bisa memasukkan diri di dalam guyuran air terjun. Namun jika melakukannya di perairan dalam, pastikan memperhatikan keselamatan diri. 

Menggunakan Bantuan Benda-Benda Tertentu

Sebagian orang mungkin kesulitan untuk menemukan tempat-tempat terbuka atau berada di alam. Jika Anda mengalami hal itu, terapi earthing juga bisa dilakukan menggunakan bantuan alat atau benda-benda tertentu. Melalui benda-benda seperti tikar, kawat, dan tongkat diklaim bisa memberikan suasana persentuhan dengan alam. 

Demikianlah ulasan apa itu earthing sebagai terapi bagi kesehatan fisik dan mental. Terapi earthing mengajak kita untuk membumi atau bersentuhan langsung dengan alam, sehingga bisa menerima energi positif dari alam. Baca juga 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

Terkait