Rekomendasi Komik tentang Sejarah untuk Anak Usia Sekolah
Ilustrasi komik sejarah (foto: Antara/Maulana Surya/Tom)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Komik tentang sejarah merupakan salah satu alternatif bacaan menarik dan efektif untuk menggabungkan hiburan sekaligus edukasi. Komik sejarah menawarkan cerita dan visual yang menarik sehingga memikat minat anak usia sekolah untuk membaca lebih banyak.

Lantas, apa saja komik tentang sejarah yang bisa dijadikan sebagai bacaan anak-anak? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini

Rekomendasi Komik tentang Sejarah

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis, 25 April 2024, berikut ini adalah rekomendasi komik tentang sejarah yang bisa dipilih sebagai bahan bacaan anak usia sekolah.

1. Borobudur: Pusaka Abadi nan Jaya

Borobudur: Pusaka Abadi nan Jaya merupakan komik bertemakan sejarah karangan Handoko Vijjanda. Komik yang terbit pada tahun 2013 ini memiliki visual yang menarik  lantaran panel-panelnya berwarna.

Sesuai dengan judulnya, komik ini bercerita tentang sejarah Candi Borobudur. Pembaca akan mendapat cerita ringkas pembangunan Candi Borobudur pada 750-825 Masehi.

Tak hanya itu, pembaca juga dapat menyimak teori tentang alasan pemindahan sentrum kekuasaan Kerajaan Mataram Kuno dari Jawa Tengah ke Jawa Timur pada abad 10 Masehi atau tahun 900-an.

Borobudur: Pusaka Abadi nan Jaya juga berisi ringkasan kisah-kisah yang terpahat pada relief-relief Candi Borobudur. Mulai dari Mahakarmawibhangga yang terkubur di bagian kaki, 13 fragmen yang menjadi bagian rumpun cerita Jtakamala, 5 Fragmen dari Awadana, dan dua lakon panjang lain yang berujudul Lalitawistara dan Gandawyuha.

2. Pahlawan Pendidikan

Rekomendasi komik tentang sejarah yang berikutnya adalah Pahlawan Pendidikan. Komik ini diterbitkan oleh platform Pendidikan.  

Komik ini menceritakan kisah Ki Hadjar Dewantara, aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia sekaligus tokoh di bidang pendidikan.

Dalam komik Pahlawan Pendidikan dikisahkan bagaimana perjuangan Ki Hadjar Dewantara untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Disebutkan, ia harus mendirikan organisasi-organisasi kemerdekaan, mendirikan sekolah-sekolah untuk rakyat pribumi dan lain sebagainya.

3. Ken Arok 1 dan Ken Arok 2

Komik yang bercerita tentang pendiri Wangsa Rajasa ini dibuat oleh Widodo Nur Slamet atau akrab disapa Wid NS. Di Indonesia, Wid NS dikenal sebagai kreator komik Superhero Godam.

Kisah Ken Arok yang diceritakan dalam komik ini merujuk isi kitab Pararaton. Busana, bangunan, dan pengadegan yang ada di dalam komik ini ditampilkan dengan detail.

Komik Ken Arok 1 dan Ken Arok 2 diterbitkan oleh Penerbit Misurind yang kerap menerbitkan komik-komik superhero maupun antiheri asal Barat, mulai dari Batman, Spiderman, hingga Punisher.

4. Pentalogi Imperium Majapahit

Imperium Majapahit merupakan komik pentalogi karya Jan Mintaraga. Komik ini diterbitkan oleh Elex pada 1990-an. Seri komik ini bercerita tentang Kemaharajaan Majapahit dari awal berdiri hingga keruntuhannya. Adapun rinciannya sebagai berikut:

  • Imperium Majapahit 1: Runtuhnya Singhasari
  • Imperium Majapahit 2: Berdirinya Majapahit
  • Imperium Majapahit 3: Pemberontakan Dharma Putra
  • Imperium Majapahit 4: Sumpah Palapa
  • Imperium Majapahit 5: Runtuhnya Majapahit

Cerita tentang Kerajaan Majapahit di dalam komik ini sama sekali tidak kaku. Bahkan, pembaca juga disajikan adegan laga yang dahsyat.

Demikianlah informasi komik tentang sejarah. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.