Top Skor Piala Asia U-23 2024: Ali Jasim Memimpin, Tiga Pemain Indonesia Mengekor
(Dok. AFC Asian Cup)

Bagikan:

JAKARTA - Piala Asia U-23 2024 sudah memasuki babak semifinal dan mencatatkan puluhan gol sejak awal bergulir. Ali Jasim yang merupakan pemain Irak menjadi nama yang memuncaki daftar top skor.

Selain Ali Jasim, tiga nama pemain timnas Indonesia U-23 tak mau kalah mengekor dibelakangnya untuk mengejar pencapaian. Ketiga pemain itu adalah Rafael Struick, Komang Teguh dan Marselino Ferdinan.

Sejak babak penyisihan grup digelar, 15 April 2024 hingga saat ini memasuki babak semifinal tercatat sudah 76 gol yang tercipta. 57 nama pemain terpampang di papan skor dalam proses terciptanya gol.

Berdasarkan catatan itu, Ali Jasim yang membela timnas Irak menjadi yang terbanyak mencetak angka untuk timnya. Dengan tiga gol yang dibuat, Ali bersaing dengan Abdullah Radif, Aiman Yahya (Arab Saudi), dan Lee Young-Jun (Korea Selatan).

Namun begitu, pemain dari ketiga negara itu sudah tak bisa menambah pundi gol demi mengejar catatan Ali karena sudah tersingkir di delapan besar.

Di bawah catatan tiga gol milik Ali Jasim, ada 11 pemain yang sudah mengemas dua gol, lima telah tersisih. Enam pemain yang melaju ke semifinal yakni Seiji Kimura (Jepang), Komang Teguh, Rafael Struick, Marselino Ferdinan (Indonesia), Khusayin Norchaev, dan Alisher Odilov (Uzbekistan).

Lalu 40 pemain sudah mencetak satu gol, termasuk Witan Sulaeman yang membobol gawang Yordania di fase grup. Ada dua gol bunuh diri yang tercipta sejauh ini, yakni Justin Hubner saat melawan Yordania dan Komang ketika menghadapi Korsel.

Piala Asia U-23 2024 menyisakan empat laga, dengan masing-masing tim memiliki dua jatah bertanding. Keempat laga itu yakni dua partai semifinal, satu partai perebutan tempat ketiga, dan satu partai final.

Berikut daftar pencetak gol terbanyak sementara Piala Asia U-23 2024:

3 gol

Ali Jasim (Irak)

Abdullah Radif (Arab Saudi*)

Aiman Yahya (Arab Saudi*)

Lee Young-Jun (Korea Selatan*)

2 gol

Seiji Kimura (Jepang)

Komang Teguh (Indonesia)

Marselino Ferdinan (Indonesia)

Rafael Struick (Indonesia)

Khusayin Norchaev (Uzbekistan)

Alisher Odilov (Uzbekistan)

Ahmed Al Rawi (Qatar*)

Rustam Soirov (Tajikistan*)

Bui Vi Hao (Vietnam*)

Ahmed Al-Ghamdi (Arab Saudi*)

Salman Al-Awadi (Kuwait*)

1 gol

40 pemain, termasuk Witan Sulaeman

Gol bunuh diri

Justin Hubner (vs Yordania)

Komang Teguh (vs Korea Selatan).

ps: negara dengan tanda * sudah tak bisa menambah gol karena tersingkir.