Francesco Bagnaia Jawarai MotoGP Spanyol 2024, Marquez Segel Podium Kedua
Instagram.com/@motogp

Bagikan:

JAKARTA - MotoGP Spanyol 2024 tuntas digelar pada Minggu, 28 April malam WIB. Pada laga di Sirkuit Jerez, Spanyol itu Francesco Bagnaia keluar sebagai jawara yang tercepat, disusul Marc Marquez di posisi kedua.

Pada awal lap, Marc Marquez berhasil memimpin balapan dengan baik tapi Jorge Martin sempat menyodok ke posisi kedua. Tak lama berselang, Francesco Bagnaia yang start dari posisi ketujuh mampu menyalip Martin dan mengancam Marquez.

Di lap kedua, dominasi pembalap Ducati terlihat dalam balapan ini. Pasalnya Bagnaia mampu menyalip Marquez ke posisi terdepan yang membuat persaingan kian sengit. 

Bagnaia, Marquez, dan Martin terus memacu kuda besi demi jadi yang tercepat. Marquez bisa menyalip Martin tapi tak lama Martin mengkudeta posisi pertama yang ditempati Bagnaia.

Saat persaingan memanas, situasi tak diinginkan terjadi di lap keempat. Daniel Pedrosa mengalami kecelakaan di tikungan delapan tapi hal ini tak menyurutkan. persaingan di grid terdepan.

Sampai dengan lap kedelapan, Martin dan Bagnaia unggul lebih dari 0,510 detik atas Bezzecchi, sedangkan Marquez unggul 0,865 detik atas Alex Marquez.

Nahas bagi Jorge Martin yang sedang memimpin balapan karena pada lap 11 di tikungan enam ia malah  mengalami downside. Kecelakaan Martin menguntungkan Bagnaia yang jadi pemimpin balapan. 

Bezzecchi pun naik ke posisi kedua, sedangkan Marquez kembali ketiga. Insiden tersebut membuat Martin kehilangan poin pada seri ini.

Marquez dan Bezzecchi tetap sengit memperebutkan posisi kedua di belakang Bagnaia. Marquez sempat menyalip, tetapi Bezzecchi merebut kembali posisinya itu dengan baik.

Marquez terus menempel ketat Bagnaia dengan hanya selisih 0,5 detik. Saat balapan tersisa lima lap, Marquez mempersempit jarak menjadi 0,122 detik.

Pada lap ke-21 Marquez sempat menyalip Bagnaia, kedua pembalap bahkan terlihat saling bersentuhan pada tikungan 10 saat menikung. Tubuh dan motor Marquez menyentuh ban depan Bagnaia, beruntung momen itu tak menyebabkan dua pebalap ini kehilangan kendali.

Memasuki tikungan berikutnya, Bagnaia bisa kembali mengambil alih posisi pertama dari Marquez. Persaingan Bagnaia dan Marquez menyisakan selisih jarak hingga 2,8 detik dengan Bezzecchi di tempat ketiga.

Di tikungan sembilan lap ke-22, Marquez lagi-lagi menyalip Bagnaia, tapi posisi Marquez terlalu melebar dan memberi ruang bagi Bagnaia untuk kembali terdepan.

Bagnaia akhirnya memenangkan MotoGP Spanyol 2024 usai mencatatkan waktu 40 menit 58,053 detik, Marquez meraih podium kedua, sedangkan Bezzecchi podium ketiga.

Hasil MotoGP Spanyol 2024 di Sirkuit Jerez:

1. Francesco Bagnaia

2. Marc Marquez

3. Marco Bezzecchi

4. Alex Marquez

5. Enea Bastianini

6. Brad Binder

7. Fabio Di Giannantonio

8. Miguel Oliveira

9. Maverick Vinales

10. Pedro Acosta.