Wajib Tahu, Ini 4 Tanda Disfungsi Seksual pada Wanita
Ilustrasi. (Unsplash).

Bagikan:

NUSA TENGGARA TIMUR – Tanda disfungsi seksual pada wanita merupakan topik yang jarang dibahas. Padahal, menurut penelitian yang dilakukan oleh Cleveland Clinik ditemukan bahwa sebanyak 43 persen wanita dan 31 persen pria bisa mengalami disfungsi seksual

Lantas, apa saja tanda-tanda disfungsi seksual pada perempuan? Berikut kami sajikan informasi lengkapnya.

4 Tanda disfungsi seksual pada wanita

Dikutip VOI dari Everyday Health, berikut 4 tanda disfungsi seksual pada wanita.

1.      Mrs. V kering

Mengeringnya vagina alias Mrs. V dapat disebabkan adanya perubahan hormon yang terjadi selama masa menyusui dan menopause.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan lubrikan atau pelembab khusus pada vagina sebelum memulai aktivitas bercinta bersama pasangan.

Penggunaan lubrikan dapat membuat vagina menjadi basah, sehingga tidak merasakan saat saat bercinta.

2.      Hasrat seksual menurun

Hasrat seksual atau libido dapat menurun seiring bertambahnya usia. Menurunnya libido rupanya tidak hanya terjadi pada wanita lanjut usia.

Menurut sebuah survei yang melibatkan 1.000 wanita, ditemukan bahwa setengah dari wanita berusia 30 hingga 50 tahun juga mengalami penurunan gairah seksual.

Penurunan hasrat seks dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah derah, depresi, tidak merasa senang dan lain sebagainya.

3.      Timbul rasa nyeri saat bercinta

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan pada April 2015 di The Journal of Sexual Medicine, sebanyak 30 persen wanita merasa sakit ketika bercinta dengan pasangan.

Rasa sakit ini timbul karena keringnya vagina atau sebuah tanda adanya masalah kesehatan, seperti kista ovarium atau endometriosis.

Selain itu, beberapa hal lain yang dapat menimbulkan rasa sakit saat berhubungan seks adalah vaginismus—kondisi dimana otot-otot pada vagina mengencang saat penis melakukan penetrasi.

4.      Susah meraih orgasme

Tanda disfugsi seksual pada wanita yang terkahir adalah kesulitan meraih orgasme. Menurut Worly, sekitar 5 persen wanita menyatakan sulit mendapatkan orgasme di masa awal menopause.

Selain karena adanya perubahan hormon, kesulitan mencapai orgasme juga bisa disebabkan oleh rasa cemas, kurangnya foreplay, mengonsumsi obat-obat tertentu, hingga menderita penyakit kronis.

Demikianlah 4 tanda disfungsi seksual pada wanita, simak perkembangan informasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan.